Mengenal dan Memahami Digital Marketing

Halo calon pembisnis muda!

    Sudahkah kalian tahu apa itu digital marketing?

    Dalam setiap kegiatan seperti jual beli atau membuat sebuah brand atau juga membuka sebuah usaha, tidaklah lepas semua hal tersebut dari yang namanya pemasaran. Karena pemasaran inilah yang nanti nya akan membuat barang yang kita jual atau brand yang kita buat atau usaha yang kita buat akan dilihat konsumen. Namun karena di era pandemi ini ruang lingkup kita menjadi terbatas dan digital marketing adalah solusinya.


Apa itu Digital Marketing?

    Digital marketing adalah suatu kegiatan promosi atau pemasaran sebuah produk menggunakan media digital (internet). Adapun tujuan dilakukannya digital marketing adalah untuk menarik calon konsumen atau konsumen secara cepat supaya membeli produk yang dipromosikan. Dalam dunia bisnis, digital marketing memiliki peran yang sangat besar dalam kesuksesan suatu bisnis. Dimana promosi yang dilakukan bisa membuat bisnis mendapatkan keuntungan yang besar. Cara melakukan digital marketing juga sangat mudah karena memanfaatkan media digital saat ini.

Mengapa Digitial Marketing itu penting?

    Digital marketing sangat penting untuk kita pahami dan bahkan kini menjadi pertimbangan bagi para enterpreneur muda yang menjadikan teknologi digital itu sebagai bagian dari strategi pemasaran. data di tahun 2019 pada saat itu populasi di indonesia dua ratus enampuluh delapan koma dua juta, seratus lima puluh juta diantaranya sudah melakukan penetrasi terhadap penggunaan internet, jadi mereka sudah menggunakan internet, kemudian keseluruhan pengguna internet sudah aktif menggunakan sosial media. Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya.



    Dilihat dari data Januari 2019, jumlah penduduk Indonesia mencapai 268,2 juta jiwa. Dari 268 juta orang, 150 juta sudah menggunakan Internet. Semua pengguna internet ini sudah aktif menggunakan media sosial. Dari 150 juta pengguna aktif media sosial, 130 juta menggunakan ponsel untuk mengakses media sosial. Ini berarti hampir 80% pengguna media sosial aktif menggunakan ponsel untuk mengakses Internet.


    Kemudian pada data tahun 2020, jumlah penduduk mengalami peningkatan sebesar 1,1% yaitu bertambah sebesar 2,9 juta jiwa. Dari sisi pertumbuhan ini, jumlah pengguna smartphone juga meningkat 4,6%, mencapai 15 juta. Jumlah pengguna internet juga meningkat sebesar 17% atau sebanyak 25 juta orang. Populasi yang menggunakan dan aktif menggunakan media sosial juga meningkat sebesar 8,1% atau sebanyak 12 juta orang.

    Kesimpulannya penggunaan gadget, akses internet, dan aktivitas penggunaan internet tumbuh jauh lebih cepat dari pertumbuhan penduduk. Hal ini menunjukkan gejala positif yang harus dilihat pengusaha sebagai peluang. Dengan kata lain, tampaknya ada model konsumen baru, dan pelaku bisnis harus mempertimbangkan ini sebelum mereka dapat menggunakan media digital sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka. Karena menggunakan media konvensional sudah tidak efektif dan tidak efisien lagi bagi perusahaan atau pengusaha.

    Pandemi juga menjadi salah satu alasan kita perlu memahami dan melakukan digital marketing. Sebab, di masa pandemi seperti ini, kesempatan seseorang untuk bepergian menjadi terbatas. Akibatnya, banyak toko konvensional yang mengalami kerugian akibat minimnya pengunjung. Namun melalui pemasaran digital, kita tetap dapat menjangkau pelanggan melalui media sosial. Itulah pentingnya pemasaran digital.

Bagaimana merencanakan pemasaran yang baik dengan SOSTAC?

    Setelah kita mengetahui persentase penggunaan media sosial, kita dapat mempertimbangkan media sosial mana yang akan kita gunakan untuk mendukung strategi digital marketing kita yang akan menjadi salah satu media promosi atau pemasaran untuk produk atau bisnis yang akan kita pasarkan. Tujuannya agar dapat merancang pemasaran secara strategis sehingga bisnis kita dapat tumbuh dan berkembang. Selain menggunakan media sosial sebagai bagian dari strategi pemasaran digital, kita juga membutuhkan rencana strategis atau biasa disebut SOSTAC.

    Terdapat 6 aspek dalam SOSTAC yang menjadi inti dalam membangun perencanaan strategis. Yang pertama adalah Situation Analysis, disini menjelaskan ada dimana posisi kita. Yang kedua adalah Objective, disini menjelaskan tujuan dalam usaha yang kita jalankan. Yang ketiga adalah Strategy, disini menjelaskan bagaimana cara menyusun strategi untuk mencapai tujuan itu. Yang keempat adalah Tactics, disini menjelaskan langkah dan cara kita untuk mencapai tujuan kita. Yang kelima adalah Action, disini menjelaskan bahwa kita harus melaksanakan rancangan yang sudah dibuat. Yang keenam adalah Control, disini menjelaskan bahwa kita perlu mengontrol tindakan kita agar tetap sesuai dengan rancangan kita.

Kesimpulan

    Kesimpulannya, digital marketing adalah sistem pemasaran yang sedang populer dan sangat dibutuhkan di era ini karena memudahkan kita dalam memasarkan produk atau barang yang kita jualkan. Dan untuk merancang marketing atau bahkan digital marketing yang baik, SOSTAC adalah hal yang mungkin sangat dibutuhkan dan berguna.

Comments